Articles

12 Juli 2022

Pemasaran Konvensional VS Digital Marketing Agency

Di zaman sekarang, kegiatan pemasaran mana yang kira-kira lebih efektif, dari pilihan pemasaran konvensional vs digital marketing agency berikut ini? Yuk kita bahas dan bandingkan, agar Anda bisa mempertimbangkan pemasaran yang tepat untuk produk Anda. Pertama, mari ketahui definisi dari pemasaran konvensional vs digital marketing agency terlebih dahulu berikut ini. Setelah itu, ketahui juga perbedaan hingga keunggulannya.

Definisi Pemasaran Konvensional

Seperti namanya, pemasaran konvensional merupakan jenis pemasaran produk dan jasa menggunakan media-media konvensional atau jadul, seperti pemasaran atau iklan di televisi, radio, majalah, brosur, koran, hingga surat-menyurat. Namun, kini proses pemasaran konvensional tergeser, ke jenis pemasaran baru karena kemajuan teknologi. Pemasaran baru tersebut adalah pemasaran digital (online), karena lebih efektif dan efisien. Meski pemasaran konvensional belum sepenuhnya tergantikan, namun kini divisi marketing terpecah menjadi dua kubu, yakni pemasaran konvensional vs digital marketing agency. 

Definisi Pemasaran Digital Marketing Agency

Pemasaran digital atau digital marketing adalah jenis pemasaran yang menggunakan jaringan internet dan media berteknologi digital lainnya yang lebih modern, seperti media sosial, email, website, dan lainnya. Untuk bentuk atau model pemasarannya sendiri, akan menyesuaikan dan mengikuti media digital yang digunakan. Jika Anda menggunakan jasa digital marketing agency, maka Anda bisa request untuk memilih layanan pemasaran digital, misalnya di media sosial. Nah, nantinya tim agency akan membuatkan model pemasaran seperti video campaign untuk Instagram hingga YouTube. Begitu juga jika Anda ingin melakukan pemasaran di website, menggunakan metode SEO/SEM. 

Jika membandingkan antara pemasaran konvensional vs digital marketing agency tentu, digital marketing Indonesia saat ini menang telak, pada gempuran teknologi internet yang semakin modern. Berikut beberapa perbedaan dari berbagai sisi antara pemasaran konvensional vs digital marketing agency, yang sangat terlihat. Kalau Anda sendiri yang memiliki produk untuk dipromosikan, lebih pilih jenis pemasaran mana? Ada banyak pertanyaan tentang digital marketing, terutama dari para perusahaan yang ingin menggunakan jasa digital marketing agency, untuk membantu kegiatan pemasaran mereka. Yuk, kita cek perbedaannya dulu!

Perbedaan Pemasaran Konvensional VS Digital Marketing Agency dari Berbagai Sisi 

Target Audiens

  • Pemasaran Konvensional: Target audiens menyebar ke semua kalangan (secara nasional) dan sulit mengkualifikasikan target yang sesuai dengan produk 
  • Digital Marketing: Menjangkau audiens lebih spesifik sesuai kualifikasi dengan mudah, misalnya dari usia, lokasi, gender, dan lainnya. Bahkan, bisa mengkualifikasikan sampai ke seluruh dunia sehingga lebih luas. 

Media Promosi Berbeda

  • Pemasaran Konvensional: Media yang digunakan lebih jadul, seperti brosur, papan reklame, iklan surat kabar, dan spanduk. Selain itu, media promosi lainnya meliputi tayangan iklan di televisi dan radio, melalui sales.
  • Digital Marketing Agency: Anda bisa memanfaatkan banyak media digital, seperti media sosial (Instagram, Facebook, YouTube, dan Twitter). Promosi juga bisa melalui situs web, Search Engine Optimization (SEO), blog, situs e-commerce, dan media online sejenis lainnya.

Biaya Pemasaran 

  • Pemasaran Konvensional: Untuk biaya, pemasaran konvensional justru lebih mahal dan banyak pengeluarannya. Mengapa? Karena agency pemasaran akan melibatkan pihak percetakan, televisi, hingga radio, yang mana biaya menampilkan iklannya cukup mahal.
  • Digital Marketing Agency: Jika dibanding, biaya pemasaran digital lebih murah, bahkan Anda bisa memanfaatkan media sosial dan situs web gratis. Anda juga bisa menggunakan iklan berbayar, dengan fitur ads dan tetap terjangkau, karena Anda bisa memperkirakan konversi biaya iklan serta jangka waktunya.
Baca Juga  Serba-serbi tentang Creative Agency yang Perlu Kamu Ketahui

Sistem Komunikasi

  • Pemasaran Konvensional: Pemasaran konvensional, biasanya bersifat satu arah, sehingga konsumen dan brand tidak bisa berinteraksi secara langsung dengan fleksibel.
  • Digital Marketing Agency: Semua media digital yang menggunakan teknologi internet bersifat dua arah, sehingga komunikasi yang disampaikan lewat media tersebut bisa dibalas dengan mudah. Brand dan konsumen bisa saling berinteraksi dan membangun hubungan. Misalnya, konsumen bisa berkomentar, bisa mengirim pesan, dan lainnya. 

Keunggulan Digital Marketing 

Nah, karena jenis pemasaran digital atau digital marketing menang telak, jika menggunakannya pada zaman sekarang, maka Anda bisa mempertimbangkannya dengan mengetahui keunggulan digital marketing berikut ini.

  1. Informasi Cepat Sampai ke Konsumen: Tanpa perlu menunggu lama, pesan dari promosi yang dibuat di media digital bisa dipublikasikan kapan saja, dan bisa diatur sendiri. Sehingga bisa cepat sampai ke konsumen dalam hitungan detik.
  2. Budget Murah: Dengan jangkauan yang lebih luas, spesifik, dan metodenya mudah, maka biaya pemasarannya lebih murah ketimbang pemasaran konvensional, yang bisa sampai ratusan juta rupiah. 
  3. Jangkauan Konsumen Lebih Luas Sesuai Target: Anda bisa menentukan target audiens produk Anda sendiri, mulai dari gender, usia, negara, kota, dan lainnya. Sehingga konsumen yang menerima pesan promosi lebih tepat sasaran.
  4. Melakukan Monitoring dan Analisis Lebih Mudah: Tidak perlu alat-alat yang ribet, hanya dengan aplikasi atau situs Anda bisa memantau pemasaran Anda di media digital, bahkan bisa melalui smartphone. Sehingga bisa melakukan evaluasi dengan cepat dan mudah. 

Nah, jika sudah menang telak dan memiliki segudang keunggulan, bahkan jika dibandingkan pemasaran konvensional, tentunya Anda bisa pilih jenis pemasaran digital. Intinya, sekarang Anda sudah tahu perbedaan yang mencolok antara pemasaran konvensional vs digital marketing agency bukan? Tidak perlu mempertimbangkan terlalu berat, karena Anda sendiri yang tahu jenis pemasaran mana yang cocok dengan brand produk atau jasa Anda. Terlebih, saat ini sudah banyak muncul jasa digital marketing Indonesia, khususnya digital marketing agency Jakarta. Tidak perlu bingung saat memilih digital yang tepat, Anda bisa cek mulai dari alamat, kontak, website, review, hingga portofolio. 

Pilih IDEOWORKS Sebagai Digital Agency Terbaik yang Pernah Handle Brand Besar!

Dari banyaknya pilihan digital agency terbaik, IDEOWORKS menjadi salah satunya yang bagus untuk menghandle brand Anda! Selain memiliki tim yang profesional di bidangnya, IDEOWORKS juga punya banyak portofolio yang bagus. Ada banyak brand-brand besar yang pernah di-handle IDEOWORKS seperti Citilink, Bank SinarMas, Homyped, hingga Koepoe Koepoe, dengan berbagai layanan pemasaran yang dipilihnya. Bagaimana dengan layanan dan biaya pemasarannya? Tentu saja layanannya beragam, dan biaya akan menyesuaikan dengan layanan yang diambil serta budget Anda. Yuk, pilih digital agency yang berpengalaman dengan portofolio yang bisa dilihat sebagai bukti nyata! Konsultasikan terlebih dahulu dengan tim kami, untuk hasil pemasaran yang maksimal!

Reference :

https://bisnis.tempo.co/read/1562463/digital-marketing-menang-telak-ketimbang-pemasaran-konvensional/full&view=ok

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 8111 846466

Back to top