Articles

08 Juli 2022

Sering Beda Pendapat? Brand & Digital Agency Perlu Lakukan Ini!

Menjadi salah satu tenaga bantuan pemasaran, pihak digital agency tentunya selalu berharap, agar bisa membangun hubungan yang baik dengan brand atau klien. Pasalnya, kasus ‘sering beda pendapat’ antara brand dan digital agency, juga kerap terjadi. 

Hubungan Kerja Baik, Pelayanan dan Hasil juga Memuaskan

Dengan memiliki hubungan yang baik, antara brand and digital agency Indonesia, membuat pelayanan dan hasil kerja yang pihak agency berikan, bisa memuaskan bagi klien. Pasalnya, dari kedua belah pihak ini tentu memiliki tujuan yang sama, yakni membuat kampanye iklan dan kegiatan pemasaran lainnya, berhasil sesuai dengan keinginan. Adanya kasus sering beda pendapat, biasanya terjadi karena tidak saling percaya, antara kedua belah pihak. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan jasa digital agency, lebih baik pilih agency yang benar-benar tepat dan terpercaya menurut Anda. Selain itu, Anda dan pihak digital agency juga, bisa melakukan beberapa cara ini untuk membangun hubungan yang baik, agar sama-sama bisa saling percaya dan memahami, satu sama lain. 

Tips Membangun Hubungan Baik Antara Brand dan Digital Agency

1.Ciptakan Komunikasi Dua Arah

Tips pertama dalam membangun hubungan baik antara brand and digital agency adalah adanya komunikasi dua arah. Terlebih, jika Anda sebagai brand atau klien memiliki masalah, pendapat, keinginan, saran, dan lainnya, wajib untuk dikomunikasikan dengan baik ke pihak digital agency. Jika tidak dikomunikasikan dengan baik secara dua arah, maka akan berpengaruh pada keberlanjutan kerjasama yang dilakukan. Tidak hanya itu, komunikasi dua arah ini juga untuk menghindari kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Kunci agar komunikasi dua arah ini berjalan lancar, Anda dan pihak agency bisa jadwalkan pertemuan rutin, atau minimal melalui online meeting hingga sambungan telepon. Pilihlah tempat dan waktu yang bisa menciptakan suasana yang nyaman dan santai. Misalnya seperti kafe, co working space, taman, atau kantor. Dengan begitu, hubungan kalian bisa tercipta lebih dari sekadar klien dan agency. 

2.Take and Give

Tidak hanya hubungan dengan pasangan, hubungan antara brand and digital agency juga harus ada take and give. Intinya, kedua belah pihak harus saling melengkapi. Jadi, jangan banyak pihak brand yang terus melakukan take, namun pihak brand dan digital agency juga harus sama-sama saling take and give. Hal tersebut untuk meningkatkan kepercayaan masing-masing, yang bertujuan untuk menciptakan keberhasilan bersama juga. 

3.Saling Pengertian Oleh Kedua Belah Pihak

Sifat egois, tidak hanya ada dalam hubungan sepasang kekasih atau penjual dan pembeli, tapi juga brand dan digital agency. Membangun hubungan jika salah satunya ada yang egois, maka akan lebih sulit. Sehingga, butuh didukung dengan rasa saling pengertian. Jika ada kesalahpahaman, maka harus membicarakan, menyelesaikan, menari solusinya, dengan segera mungkin, agar bisa melanjutkan projek dengan baik dan berhasil. 

4.Bekerja dengan Senang Hati, Jujur ​​dan Tulus

Siapapun, jika bekerja dengan hati yang senang, pasti prosesnya akan lebih mudah, hasilnya juga akan lebih maksimal. Lalu, jika kita juga bekerja dengan jujur dan tulus, karena hasilnya jauh lebih membahagiakan dan tentunya halal. Begitu juga dengan hubungan kerjasama, antara brand dan digital agency. Di mana keduanya juga harus bekerja dengan jujur ​​dan tulus, untuk membuat kampanye. Misalnya, saling terbuka satu sama lain, memberikan masukan dan arahan dengan baik, mengenai proses pembuatan strategi hingga kampanye iklan yang sedang dilakukan tersebut.

5.Harus mengikuti ketentuan kontrak 

Tips membangun hubungan yang terakhir adalah tentunya harus mengikuti ketentuan sesuai dengan kontrak kerjasama. Jadi, jika sudah buat kesepakatan bersama, harus dilaksanakan sesuai dengan dengan ketentuan-ketentuan tersebut. Tidak ada kecurangan di antara keduanya, agar proses kerjasama bisa terlaksana dengan lancar. Bagaimana? Untuk bisa membangun hubungan antara brand dan digital agency tidak sesulit itu bukan? 

Baca Juga  Tanda Social Media Brand Kamu Membutuhkan Bantuan Social Media Agency Jakarta

Pedoman Saat Bekerja Sama untuk Pihak Klien dan Digital Agency

Agar masing-masing pihak antara brand and digital agency bisa saling paham mengenai adab dalam bekerjasama, mungkin bisa menerapkan beberapa pedoman:

1.Pedoman untuk Pihak Klien: 

  • Memperlakukan pihak creative and digital agency dengan baik: Meski digital agency dibayar oleh klien, tapi perlakuan harus tetap sopan, karena klien tetap butuh jasa digital untuk proses pemasaran. 
  • Klien harus memberikan informasi secara rinci, lengkap dan jelas tentang produk atau jasa akan dipasarkan: Tujuannya, agar pihak agency bisa lebih mudah untuk mengatur strategi dan memasarkan produk. Pihak agency juga pasti akan merasa terbantu atas dukungan dari klien. 
  • Melakukan pembayaran tepat waktu sesuai perjanjian: Pedoman ini bisa menjadi hal yang paling sensitif, karena menyangkut soal uang. Proses pembayaran yang lancar, akan membuahkan rasa kepercayaan yang tinggi, agar pihak agency bisa kembali membantu klien jika pada lain waktu membutuhkan jasa lagi. 

2.Pedoman untuk Pihak Creative and Digital Agency:

  • Mengerjakan tugas dengan keras, profesional dan cerdas: Bukan hanya bekerja untuk mendapatkan untung, tapi berikan pekerjaan yang terbaik dengan usaha yang lebih keras, profesional, dan cerdas atau kreatif, agar tidak mengecewakan klien. 
  • Menawarkan layanan dengan biaya yang sesuai: Berikan rincian harga yang sesuai dengan paket layanan, dan tidak ‘menembak’ atau memberikan harga yang tidak masuk akal. Agar lebih aman, bicarakan biaya secara langsung untuk menghindari kesalahpahaman. 
  • Memberitahu proses hingga hasil pemasaran secara berkala: Pastikan klien tahu bagaimana proses hingga hasil dari pemasaran yang dilakukan, agar mereka percaya bahwa kegiatan kerjasama ini, dilakukan secara terperinci dan sesuai rencana. 

Faktor sering beda pendapat, salah paham, dan saling tidak percaya, adalah awal kemunculan permasalahan untuk kegiatan pemasaran Anda. Bukannya mendapatkan untung, kedua belah pihak malah bisa buntung. Selain memikirkan faktor tersebut, memilih digital agency yang tepat juga penting. Jika Anda sebagai klien merasa tertarik berkomunikasi dengan para tim agency, maka besar kemungkinan proyek kerjasama bisa berjalan lancar. 

Serahkan Semua Kegiatan Pemasaran ke Digital Agency IDEOWORKS 

Selain memiliki tim yang profesional pada bidangnya, IDEOWORKS juga selalu memprioritaskan para klien, membantu menyelesaikan masalah dengan berkonsultasi, agar bisa memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan. Company profile digital agency IDEOWORKS juga banyak dicari perusahaan yang ingin bekerjasama, karena menjadi salah satu creative and digital agency terbaik di Indonesia. Hal tersebut juga terbukti dengan banyaknya brand besar yang pernah menjadi klien IDEOWORKS. Brand-brand besar tersebut mempercayakan IDEOWORKS untuk membantu memasarkan produk mereka, sehingga menjadi besar dan terkenal seperti sekarang. 

Adapun, brand-brand besar yang pernah bekerjasama dengan IDEOWORKS adalah Citilink, Bank SinarMas, Homyped, hingga Koepoe Koepoe. Mau jadikan brand Anda besar juga seperti mereka? Serahkan saja semua kegiatan pemasaran brand Anda ke IDEOWORKS! Ada banyak layanan pemasaran yang bisa diberikan IDEOWORKS untuk meningkatkan brand Anda. Mulai dari Social Media Marketing, Social Media Monitoring, Listening, Video Campaign, hingga Analyst. Semua layanan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Jadi, semua akan berjalan lebih efektif dan efisien, sesuai dengan visi misi perusahaan Anda. 

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 8111 846466

Back to top